Selasa, 25 April 2017

Tips Mencegah Penyakit Asam Urat Secara Efektif

 
 
Penyakit asam urat bisa mengakibatkan ruang gerak seseorang menjadi terbatas, menyebabkan sendi menjadi sulit digerakkan. Penyakit yang satu ini bukan penyakit langka karena sudah banyak orang yang mengalami penyakit yang satu ini. Penderitanya lebih banyak oleh kalangan orang dewasa akhir dibandingkan pada usia muda jadi sekitar usia 30 tahun ke atas yang lebih rentan untuk menderita penyakit asam urat. Akan lebih buruk lagi apabila menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik sejak dini dan maka dari itu lebih rentan untuk mengidap penyakit asam urat karena pada dasarnya asam urat dihasilkan oleh tubuh pada saat zat purin masuk ke dalam tubuh. Fungsi dari zat purin sendiri adalah untuk mengurangi zat purin dan memudah tubuh untuk mencernanya. Tapi dampak buruk dari zat purin ini zat asam urat yang banyak di dalam tubuh bisa masuk ke persendian.

Bagi Anda yang senang mengkonsumsi daging, alangkah baiknya jika mulai dari sekarang untuk mengurangi asupan daging Anda karena serat yang berlebihan dari daging bisa menyebabkan asam urat. Dalam sayuran juga ada yang mengandung zat purin yang tinggi diantaranya kacang panjang,. kacang merah, kacang polong, bayam dan kembang kol dan untuk itu Anda sebaiknya untuk mengurangi sayuran ini karena bisa beresiko menyebabkan asam urat.

Meskipun sebenarnya peningkatan kadar asam urat tidak hanya dari faktor makanan saja melainkan juga bisa dari mengkonsumsi obat - obatan. Ada beberapa jenis makanan yang apabila dikonsumsi bisa meningkatkan kadar asam urat dan tidak semua jenis obat seperti obat aspirin yang sering digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri, obat penghambat enzim, obat yang bersifat diuretik juga bisa .

Maka pepatah yang mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati memang benar adanya karena apabila sudah sangat parah pengobatan juga akan menjadi lebih sulit dan berikut di bawah ini beberapa cara untuk mencegah penyakit asam urat.

Mengkonsumsi makanan sehat, salah satu cara untuk mencegah penyakit asam urat dengan mengelola asupan makanan yang baik dan menerapkan gaya hidup sehat yang salah satunya dengan mengkonsumsi makanan - makanan sehat dan makanan rendah lemak serta tetap bernutrisi merupakan makanan yang sehat dan bagus untuk seluruh tubuh dan bisa Anda konsumsi setiap hari.

Memperbanyak mengkonsumsi air mineral dan mencegah penyakit asam urat yang kedua dengan memperbanyak air mineral dan ada banyak makanan yang mengandung purin yang sering di konsumsi jadi agar asam urat tidak berkumpul terlalu banyak mengendap di dalam tubuh dan akan terdorong ke luar tubuh dengan mengkonsumsi air mineral yang cukup sehingga akan membantu mengurangi kadar asam urat menjadi tetap normal.

Berolahraga, Anda juga jangan melupakan aktifitas yang satu ini. Salah satu cara yang baik untuk mencegah asam urat adalah dengan berolahraga yang bisa membantu meningkatkan kinerja tubuh menjadi lebih bnaik lagi dan olahraga juga bisa melancarkan metabolisme tubuh sehingag tidak akan ada penumpukan kadar asam urat apabila metabolisme bekerja dengan normal.

Dan yang terakhir adalah dengan mengurangi makanan yang bisa mengakibatkan asam urat dengan mencegah mengkonsumsi makanan asam urat dan mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung purin dan minumannya juga.

Artikel Terkait

Tips Mencegah Penyakit Asam Urat Secara Efektif
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email