Selasa, 25 April 2017

Mengenal Lebih Dalam Penyakit Asam Urat Atau Gout

 Mengenal Lebih Dalam Penyakit Asam Urat Atau Gout

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang bagian sendi - sendi jaringan dalam tubuh yang disebabkan akibat kristal urat. Pengertian kristal urat sendiri adalah salah satu penyebab terjadinya asam urat yang diakibatkan sudah banyak timbunan kristal urat dengan jangka waktu yang lama sehingga kristal berubah menjadi peradangan dan membentuk sendi serta tendon pada jaringan urat di setiap sle tubuh. Biasanya asam urat dirasakan pada bagian sekitar tangan, pinggang, lutut dan kaki serta tempat lainnya yang terdapat banyak syaraf urat paling banyak.

Asam urat atau dalam bahasa inggrisnya disebut dengan Gout yaitu peradangan yang banyak dirasakan oleh persendian otot atau urat dalam tubuh, tapi masyarakat luas lebih mengenalnya dengan penyakit asam yrat dimana penyakit yang satu ini ditandai dengan meningkatnya jumlah asam urat dalam dalam. Penyakit asam urat ini lebih banyak dialami oleh kaum pria dibandingkan dengan awnita karena dalam hal ini wanita memiliki kandungan estrogen yang tinggi dan berfungsi untuk membantu pembuangan kadar asam urat yang sudah sangat tinggi melalui pembuangan seni. Tapi sayangnya, hal ini juga tidak menjamin bahwa wanita yang terkena asam urat lebih kecil daripada pria. Wanita yang memasuki masa menopause akan menurunkan kdar estrogennya dan tidak menutup kemungkinan wanita yang hormon estrogennya menurun akan terkena penyakit asam urat.

Proses Terjadinya Asam Urat
Apabial jumlah asam urat dalam darah meningkat tinggi maka bisa menyebabkan timbulnya kristal pada persendian dan pembuluh darah kapiler, seta kristal - kristal tersebut akan saling bergesakan dan melakukan pergerakan pada setiap sel pesendian. Tidak hanya itu saja, kristal pada pembuluh darah saat beraktifitas dan bagian kristal yang berbentuk tajam akan menusuk - nusuk dinding pembuluh darah sehingga akan muncul rasa nyeri, ngilu seta sakit pada bagian tubuh yang mudah diserang.

Jaringan tulang rawan, tendon serta selaputnya di ginjal, jika dalam kondisi akut maka penumpukan kristal akan mengendap sheingga terjadilah batu karang atau tofus yang beresiko menjadi radang apabila terpicu oleh benturan, stres dan udara dingin. Selain itu juga bisa menghilangkan fungsi lubricant atau pelumas pada cairan getah bening yang pada akhirnya menyulitkan persendian untuk bergerak.

Untuk itu alangkah baiknya jika Anda melakukan pencegahan sebelum mengalaminya dan bagi Anda yang sudah mengidap penyakit asam urat segeralah mengobatinya baik dengan mengkonsumsi obat asam urat atau melakukan pengobatan medis yang lain yang bisa membantu menyembuhkan penyakit asam urat

Artikel Terkait

Mengenal Lebih Dalam Penyakit Asam Urat Atau Gout
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email